Bukti Keseruan Belitung, Negeri Laskar Pelangi

Film Laskar Pelangi tidak hanya mengangkat nama para pemainnya tetapi juga popularitas Belitung yang menjadi tempat syuting film ini. Latar belakang keindahan alam Belitung membuat banyak orang penasaran apakah keindahan negeri Laskar Pelangi memang seindah yang dibingkai dalam film. Bagi Momopal yang ingin membuktikan bagaimana serunya Belitung, berikut Momotrip berikan daftar beberapa tempat dan acara seru yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Belitung :

Tanjung Tinggi adalah tempat yang indah untuk yang baru patah hati atau memulai jatuh hati.

tanjung tinggi

Pantai tercantik di Belitung ini berpasir putih dengan batu-batu besar dan berair jernih. Jika berjalan ke arah timur,kamu akan menemukan batu-batu granit yang merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi. Kamu bisa menelusuri bebatuan tersebut dan merasakan pengalaman bocah-bocah Laskar Pelangi dengan naik, berjalan atau bahkan lompat diantara granit untuk menikmati pemandangan cantik dari setiap sudutnya. Bentuk dari batu-batu granitnya juga sangat unik, sebagian ada yang berbentuk gua dan dapat digunakan untuk berteduh selama hujan.

SD Muhammadiyah Gantong tempat Ikal dan kawan-kawan merancang mimpinya

sd muhammadiyah gantong

Bangunan ini bukan SD Muhammadiyah yang sebenarnya, tetapi replika yang dijadikan lokasi syuting. SD Muhammadiyah Gantong yang asli berlokasi di pinggir Pantai Belitung Timur. Di dalam bangunan tersebut ada dua ruang kelas dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Berlantai tanah dengan dinding papan yang sudah kusam, mengingatkan kita pada adegan dimana Bu Muslimah mengajar dan bapak  kepala sekolah yang sedang bercerita kepada murid-muridnya yang menyimak dengan tekun. Sekolah ini juga dijadikan museum pendidikan yang mengingatkan kita pada perjuangan guru-guru dan anak-anak yang belajar di tengah kondisi memprihatinkan untuk meraih cita-cita mereka.

Museum Kata Andrea Hirata, museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia

museum kata

Atas nama idealisme, Andrea Hirata membangun museum di kampung halaman untuk memberdayakan penduduk lokal di daerahnya. Desain museum dibuat tematik sesuai dengan tokoh-tokoh yang berperan penting dalam kehidupan Andrea Hirata, mulai dari ruang ayah, Lintang, Mahar, dan lain-lain. Setiap ruangan juga berisi foto-foto dan cuplikan adegan baik dari novel maupun film Laskar Pelangi. Ingat nggak sebuah poster kesayangan ikal bergambar Rhoma Irama? Ada juga lho disini. Jika kita melangkah masuk lebih jauh ke  dalam, maka akan ditemui sudut warung kopi dengan nama “Kupi Kuli” dimana kita juga bisa memesan dan menikmati kopi khas Belitung ang sangat nikmat sekali rasanya.

Danau Kaolin terbentuk dari bekas tempat pertambangan Kaolin yang telah ditinggalkan

danau kaolin

Kaolin adalah suatu mineral yang digunakan sebagai bahan industri seperti kosmetik, kertas atau pasta gigi. Asal mula danau ini terbentuk karena adanya bekas-bekas aktivitas pertambangan Kaolin. Kemudian, bekas galian tambang itu mulai dipenuhi dengan air dan akhirnya menjadi danau yang cantik. Danau Kaolin ini tidak ada berbau belerang karena tidak terbentuk dari sebuah kawah. Untuk airnya juga aman, karena air disini tidaklah panas. Airnya yang biru dan tenang nyaris tanpa riak, adalah daya tarik paling khas yang dimiliki danau kaolin.

Belitung Fair 2016 merupakan pagelaran budaya tahunan yang diadakan di Tanjung Pandan, Belitung

belitung

Tahun ini Belitung Fair akan berlangsung pada bulan Agustus dan bertempat di kawasan wisata Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Pandan. Pada acara ini akan digelar berbagai acara hiburan budaya tradisional yang dipadukan dengan hiburan kreatif masyarakat lokal. Kabarnya, Belitung Fair 2016 akan menampilkan pameran bertemakan UKM, potensi daerah dan pariwisata khususnya wisata kelautan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dan kepariwisataan melalui promosi dan investasi. Berbagai produk UKM unggulan daerah dari berbagai daerah juga tersedia di Belitung Fair. Nantinya, puluhan stannya tidak hanya diisi oleh UKM lokal yang ada di Belitung, tetapi juga dari berbagai daerah diluar Bangka Belitung.

Untuk Momopal yang berencana untuk berlibur  ke Belitung pada bulan Agustus nanti, selain mengunjungi berbagai objek wisata, jangan lewatkan juga untuk datang ke acara Belitung Fair 2016 ya. (source : berbagai sumber). – inds

Add Comment

Loading...